30 Oktober 2019

Yet it still moves

Kala itu di abad pertengahan, ilmuwan Galileo Galilei mendukung teori Copernicus bahwa matahari adalah pusat tata surya, bukan bumi yang menjadi pusatnya. Pandangan tsb kemudian ditentang bahkan Galileo dituntut untuk mencabut pernyataannya dan mengakui bahwa bumi adl pusat tata surya. Bila tidak, Galileo akan diberikan surat excommunication, atau surat yang menyatakan ia dikeluarkan dari komunitasnya. Atas desakan tsb, secara terpaksa Galileo mencabut pernyataannya dan mengatakan bumi adalah pusat tata surya. Meski begitu, sembari beranjak dari ruangan, ia mengatakan "eppur si mouve" atau "yet it still moves" yang bermakna bahwa "bagaimana pun juga, bumi tetap berputar (mengelili matahari)".
Kata-kata tersebut kemudian menjadi simbol kebenaran atau simbol bahwa kebenaran pasti akan menang. Kemudian, justru setelah Galileo meninggal, terbukti bahwa matahari-lah pusat tata surya. 





(Ini adalah kata-kata favorit Mas Anwar, ia tuliskan pula di tesisnya, bahkan bio instagram­čśů  Penasaran, akupun menanyakan artinya, dan bergegas menuliskan. Kata-kata yang menarik). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda? What do you think?